Jumat

Komponen Semi Konduktor Foto Copy

Semi Konduktor Komponen
Dioda Biasa
          Dioda terdiri dari positif tipe semi conductor yang dihubungkan ke  negatif tipe semi conduktor. dioda hanya dapat melewatkan arus satu arah saja.apabila tegangan yang dihubungkan sesuai dengan tipenya maka arus dapat dilewatkan. apabila tidak maka arus tidak akan dilewatkan. 

Dioda Zener

          Dioda zener dihubungkan cara kebalikan  dari  dioda biasa. Dioda normal tidak bisa melewatkan arus  jika dihubungkan dengan cara ini, dan mungkin bisa rusak. dioda zener dapat dihubungkan terbalik dan dapat melewati arus, jika voltase ke seberang dioda melebihi suatu nilai tertentu, maka tegangan diuraikan. Setelah tegangan diuraikan, voltase diseberang dioda tidak akan berubah banyak, sekalipun tegangan ditingkatkan.  dioda zener dapat digunakan untuk menstabilkan voltase pada suatu sirkuit ( Vz di dalam diagram) tidak melebihi suatu nilai tertentu. Diagram dikanan adalah curva dioda yang khas. Selagi dioda normal beroperasi di bawah tegangan tertentu dan mungkin akan rusak jika tegangan terlewati, dioda zener dimaksudkan untuk beroperasi pada voltase tertentu. 

Varistor

          Varistor adalah dua  dioda zener yang dihubungkan antar punggung.  ini bahwa mempunyai maksud tegangan positif dan negatif di uraikan. satu dioda zener hanya dapat menguraikan tegangan negatif. Varistors digunakan untuk tegangan AC. vasitor juga bermanfaat melindungi sirkuit  terhadap tegangan berlebih . Contoh di sebelah kanan menunjukkan suatu varistor menghubungkan  tombol untuk menghapuskan sparking. Ilustrasi di bawah menunjukan karakteristik double-breakdown kurva varistor.

Laser Dioda
          Cahaya alami adalah suatu campuran cahaya dengan panjang gelombang berbeda. Sedangkan berkas cahaya laser terdiri dari cahaya pada panjang gelombang, dan tinggi yang sama semua (puncak dan bawah di dalam gelombang semua bersamaan waktu).

Transistor

          suatu transistor berisi dua gabungan antara P(positif) dan N(anegative) dari semikonduktor, dan tiga electroda ( kolektor, basic, dan emitor). Penggunaan umum suatu transistor adalah sebagai tombol,  juga digunakan sebagai penguat dan pembetulan. Ada dua jenis transistor yaitu NPN transistor, dan PNP transistor. NPN Transistor adalah  yang paling banyak digunakan saat ini.
Diagram di sebelah kanan menunjukkan lambang untuk kedua jenis transistor, konstruksi dan arah arus.

Photo Transistor

          Cara kerja phototransistor sama dengan Trainsistor biasa.  Perbedaanya transistor ini di aktifkan  Dengan cahaya. Dimesin biasa disebut photointeruptor Dan reflective photosensors

Reflective photosensors

          Reflective photosensors adalah sensor dengan cakupan pendek yang terdiri dari LED dan phototransistor. Reflective photosensors bekerja dengan  pemantul cahaya dari suatu obyek. Ada dua jenis photosensor yang memantulkan cahaya.  Jenis yang paling sederhana ada atau tidak ada suatu obyek menutupi sensor.

ID Sensor

          ID sensor adalah suatu aplikasi yang khusus dari reflective photosensor . Ada dua jenis ID sensor yang digunakan sebagai bagian dari sistem proses kontrol di mesin fotocopy.
  1. jenis ID sensor dengan cara pemantulan langsung. disini LED memantulkan langsung ke detector. Ini adalah salah satu dari jenis ID sensor.  
  2. Jenis ID sensor dengan cara pantulan lansung dan tetapi tidak terfokus pada detektor saja tetapi juga di pantulkan ke difuse llight Penggunaan sensor jenis ini untuk meningkatkan ketelitian pengukuran  sensor dari pola kepadatan toner terutama sekali untuk  kuning, cyan, dan warna merah keungu-unguan pada toners.
Photointerrupter

          photointerrupter terdiri dari dari  LED dan  phototransistor yang dipisahkan oleh suatu slot. Sensor mendeteksi ketika suatu benda  masuk atau meninggalkan slot.  cahaya dari LED mengaktifkan phototransistor, dan arus mengalir dari phototransistor. jika suatu benda masuk ke slot tersebut, cahaya dari LED terhalangi dan  tidak bisa menerobos phototransistor membuat sensor aktif atau sebaliknya.photointerrupter biasanya digunakan sebagai detektor posisi benda bergerakkan seperti lensa v dan untuk mendeteksi jalannya kertas.

Termistor

          Termistor adalah suatu alat yang mengalami perubahan nilai tahanan dengan temperatur. Termistor dibuat dari suatu semipenghantar atau oksida metal sintered. Kebanyakan jenis mempunyai suatu koefisien suhu negatif yang berkurang ketika terjadi peningkatan temperatur. Termistor digunakan sebagian besar untuk mengukur temperatur pada pemanas agar stabil. Termistor berguna untuk memutuskan hubungan ketika panas yang di inginkan tercapai, dan menyambungkan hubungan pemanas pada saat nilai sudah dibawah yang diinginkan. 

Microswitch

         Microswitch berfungsi seperti saklar yang biasa kita pakai dirumah, hanya saja berbentuk kecil. Apabila diaktifkan akan terdengan bunyi klick.

Reed Switch

          Reed Switch adalah switch yang dioperasikan secara Magnetis, dengan kontak yang dilindungi kapsul kedap Udara.  Reed switch diaktifkan dengan mendekatkan magnet. Reed switch bebas dari dari perawatan karena tidak  Terpengaruh dengan cuaca. 

Thermoswitch atau termal switch atau thermistor

          Thermoswitches dibuat dari dua metal  berlainan yang secara molekul mengikat bersama-sama. atau disebut bi-metal . Dua metal memperluas dan mengontrak pada tingkat suhu berbeda dengan perubahan pada temperatur. pada  temperatur tertentu, kontak akan terbuka. Pada saat suhu lebih rendah, temperatur, kontak akan menutup lagi. 

Clutches

          Torque limiter sering dipergunakan pada reverse roller Torque limiter berfungsi sebagai penahan reverse roller Agar waktu mesin menarik kertas tidak terjadi penarikan Kertas yang doble. Gerakan torque limiter berlawanan dengan feed roller yang  Membuat severse roller menahan lembaran kertas yang dibawah Tertahan dan tetap ada ditempatnya.truktur Torque limiter menggunakan Spring dan atau magnet. Torque limiter yang menggunakan magnet tidak perlu diberi pelumas .

Motor DC
Motor electrik didasarkan pada 2 dasar1.Saat tegangan mengalir sepanjang kawat,maka suatu medan magnet muncul diseliling kawat 2. Ketika dua medan magnet saling mendekat dengan 
masing-masing lain, saling menarik atau saling menolak,  inilah yang menyebabkan putaran.